OLAHAN PELEPAH PISANG JADI CAMILAN SEHAT

Pisang ialah buah dengan kaya nutrisi dan manfaat bagi tubuh serta merupakan buah yang digemari masyarakat. Pisang yang biasanya dimanfaatkan buahnya saja sedangkan ‘debog’ pelepah pisang yang berakhir menjadi limbah hanya dibuang begitu saja serta membusuk karena tidak memiliki nilai ekonomis.

Shofiyatun pemilik UKM Hafi Snack, warga desa Kalitengah, Kabupaten Demak memiliki inovasi unik dari ‘debog’ atau pelepah pisang tersebut menjadi keripik ‘debog’ pisang crispy yang ia beri nama “Keripik Thebox”. Keripik ‘debog’ ini sudah terjual sampai luar kota seperti Kudus, Bandung, hingga Jakarta. Selain menjual keripik ‘debog’ pisang, UKM Hafi Snack juga menjual jajanan pasar seperti pisang bolen, onde – onde, bakpia, dan masih banyak lagi.

UKM Hafi Snack ialah alumni pelatihan Balatkop UKM Provinsi Jawa Tengah yang mengikuti pelatihan Manajemen Keuangan. Setelah mengikuti pelatihan, permasalahan mengenai keuangan seperti perhitungan harga beli bahan baku hingga penerapan harga jual mulai teratasi.

“Dulu saya belum tau cara perhitungan berapa harga jual produk dan tidak seperti sekarang ini, hanya asal jual yang penting dapat uang. Tapi setelah mengikuti pelatihan saya menjadi tau cara menghitung HPP dan juga harga jual, jadi arus keuangan usaha saya jadi jelas.” Tutur Shofiyatun saat kunjungan pendampingan Jumat (15/4).

Bagi kalian yang mau menikmati renyahnya kripik ‘debog’ pisang dan jajanan pasar dapat dipesan nih, hubungi langsung melalui WA Ibu Shofiyatun 0896-4774-1406

#balatkopukmjateng
#diskopukmjateng
#beritapendampingukmjateng
#umkmnaikkelas
#ReformasiBirokrasi
#PelayananPublik