Batik Giriwastrapura: Inovasi boleh, namun Tugu Tri Dharma tetap Utama

Bu Laxmi, pemilik Batik Giriwastrapura asal Desa Girilayu, Kab. Karanganyar ini mengaku pentingnya melakukan upgrade skill dalam mengkreasikan motif batiknya. Oleh karena itu, Februari lalu, Bu Laxmi mengikuti Pelatihan Batik Tingkat Lanjutan dari Balai Pelatihan Koperasi, UKM Provinsi Jawa Tengah, untuk memperkaya pengetahuan dan keterampilannya di batik. Bu Laxmi ingin mengembangkan dan mengkreasikan corak motif batiknya agar lebih fresh, namun tetap menonjolkan ciri khas batik Karanganyar, yaitu Tugu Tri Dharma.

Harapannya dengan adanya kreasi-kreasi baru namun tetap mempertahankan ciri khas tersebut, akan menjadi daya Tarik pecinta batik hingga pelanggan. Tak hanya itu, ia juga ingin motif tugu tri dharma dapat lebih dikenal masyarakat luas.

Sayangnya ini justru menjadi kendala utama. Beliau ingin bisa menjangkau banyak orang lebih luas, namun ia belum terlalu paham untuk menggunakan media sosial dan platform e-commerce untuk mempromosikan produknya. Padahal di era serba digital ini akan sangat membantu jika dapat memaksimalkan penggunaan media sosial untuk mempromosikan produknya. Hal ini masih menjadi kendala baginya dan ia bertekad untuk mempelajarinya lebih lanjut agar produknya bisa dikenal masyarakat luas.

#balatkopukmjateng
#diskopukmjateng
#beritapendampingkukmjateng
#umkmnaikkelas
#ReformasiBirokrasi
#PelayananPublik
#ZonaIntegritas