SANTRI MANDIRI DENGAN BERKOPERASI ?

Di era modern dan serba digital saat ini memang menuntut kita harus beradaptasi terhadap perkembangan dan perubahan yang ada, termasuk di sektor pendidikan dan ekonomi.

Seperti hal nya yang dilakukan oleh para santri di Pondok Pesantren Yanbu'ul Hikmah ini, keberadaan mereka untuk menuntut ilmu dan jauh dari keluarga membuat para santri harus hidup mandiri dan belajar me-manajemen aktifitas sehari-hari dimana menyelaraskan antara pendidikan dan kegiatan ekonomi yaitu melalui Koperasi

Rabu (20/04) PPKL Kabupaten Boyolali melakukan monitoring koperasi di Koppontren Sumber Al Barokah yang beralamat di Dukuh Dersono, Desa Gondangrawe, Kecamatan Andong, Boyolali. Koppontren ini memiliki unit usaha pertokoan untuk memenuhi kebutuhan santri ponpes. Hingga Triwulan I tahun 2022 ini Koppontren memiliki 22 anggota baik dari unsur santri dan pengelola ponpes, dengan adanya koperasi ini memudahkan anggota dan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Tentu, masih ada beberapa kendala yang ditemukan seperti belum ada plang koperasi, belum tertatanya administrasi koperasi, kurangnya partisipasi anggota serta masih kurangnya pemahaman perkoperasian oleh pengelola koperasi.

Dengan begitu, PPKL Kabupaten Boyolali terus melakukan pendampingan secara periodik kepada Koppontren Sumber Al Barokah didalam berbenah dan memperbaiki kendala-kendala yg dihadapi, sehingga terwujudnya santri yang mandiri dan melek teknologi melalui koperasi.

Penulis : Adita Ria Putra - PPKL Kab.Boyolali
Penyunting : Addien Al Huda