Produksi Massal, HPP Masuk Akal

Kunjungan kali ini kami bertemu pelaku usaha yang juga anggota Garda Transfumi Solo Raya, Bu Herawati namanya yang sangat aktif di banyak organisasi UMKM dengan tujuan memperluas jejaring bisnisnya yang bernama Keripik RH. Biasanya kami hanya berjumpa di grup whatsapp, kini kami bisa bertatap muka langsung di rumahnya berdiskusi strategi pengembangan bisnis.

Usaha Bu Herawati ini berfokus pada produk keripik berbahan baku tanaman lokal, adapun varian produknya sangat banyak. Mulai dari keripik sukun, keripik talas, keripik tempe, bahkan ada keripik gedebok pisang. Kami melihat langsung proses produksi yang sedang dijalani beliau, mulai dari pengolahan bahan, proses memasak, hingga pengemasan.

Tingginya sirkulasi barang dagangan membuat beliau harus mencari bahan baku hingga jawa timur demi memenuhi kecukupan kapasitas produksi. Produknya sudah terdistribusi ke berbagai kota melalui jejaring reseller. Produknya memiliki daya tahan 6 bulan efektif, sehingga mudah untuk didistribusikan ke toko oleh oleh ataupun pasar.

Pendampingan yang sudah diberikan oleh pendamping sragen berupa fasilitasi kendaraan listrik untuk membantu berjualan. Dan kini kami merekomendasikan kepada Dinas setempat untuk diikutkan dalam fasilitasi sertifikasi halal agar produknya semakin berkualitas. Pelatihan Balatkop UKM Provinsi Jawa Tengah yang sudah pernah diikuti adalah Manajemen Operasional dan SDM tahun 2021. Setelah mengikuti pelatihan menjadi lebih paham dalam mengukur jumlah sdm yang diperlukan dan pasokan bahan baku yang dibutuhkan, sehingga tercapai efisiensi produksi yang berdampak pada efektivitas HPP dan margin laba yang fit.

Nah salah satu point dari usaha aneka keripik RH ini adalah berproduksi dengan skala massal sehingga HPPnya bisa masuk akal.

Sobat UMKM coba deh dikalkulasi lagi bisnismu, supaya tidak boncos di era turbulensi ekonomi yang mana harga harga bahan baku naik drastis.

Tetap semangat berjuang, karena tanpa perjuangan kesuksesan itu cuma tulisan di atas kertas semata.

Salam umkm naik kelas!

#balatkopukmjateng
#diskopukmjateng
#beritapendampingkukmjateng
#umkmnaikkelas
#ReformasiBirokrasi
#PelayananPublik
#ZonaIntegritas