Forum Group Discussion (FGD)

Tawon lebah penghasil madu? O ternyata bukan. Tawon disini singkatan dari Temanggung Wonosobo. Kalimat ini terlontar dalam Forum Group Discussion (FGD), Selasa, 7 Juni 2022 bertempat di sekretariat Koperasi Tawon Desa Balesari Kecamatan Bansari Kabuten Temanggung yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah.
Hadir dalam acara Dinas Pertanian Kabupaten Temanggung, Camat Bansari, dan perwakilan petani dari kabupaten Temanggung dan kabupaten Wonosobo sebanyak 30 orang. Sebagai pemateri dari Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah yang diwakili Bapak Luqman Arifin staff bidang Kelembagaan dan Prof. DR. Ir Sony Heru Priyanto, MM akademisi Universitas Satyawacana Salatiga.
Disampiakan Bapak Opik dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah bahwa acara FGD ini bertujuan untuk membentuk Koperasi sebagai dasar pembentukan Korporasi Petani. Hal ini bertujuan utuk kesejahteraan para petani karena melihat potensi di sana berupa produk holtikultura berupa tanaman cabe, bawang merah, bawang putih dan juga kentang.
Luqman Arifin dari Dinkop UKM Provinsi Jawa Tengah menyampaikan tentang tata cara pembentukan Koperasi dan juga prinsip-prinsip Perkoperasian. Sedangkan Prof Sony lebih menekankan pada Korporasi yang merupakan perusahaan besar yang bisa dikelola oleh Koperasi, PT maupun CV.
Setelah pemaparan dilanjutkan penyampian kondisi para petani dan usahanya. Selain itu juga dilakukan diskusi tanya jawab terkait Koperasi dan korporasi petani. Di akhir sesi para peserta sepakat untuk membentuk Koperasi yang mewadahi para.