Pendampingan Usaha Jaringan Koperasi Kopi di Jawa Tengah

Pendampingan Usaha Koperasi bertujuan untuk membantu Koperasi untuk meningkatkan produktivitas Koperasi dari sisi Usaha maupun Kelembagaannya.

Selasa, 7 Juni 2022 telah dilakukan pendampingan usaha Koperasi yang berlokasi di Koperasi Produsen Klaster Kopi Pati Kabupaten Pati bersama Jaringan Koperasi kopi dengan sebutan komunitasnya yaitu Central Java Coffee Network. Hadir dalam acara pendamingan Dinas Koperasi, UKM Provinsi Jateng, Dinas Koperasi dan UMKM Kab. Pati, serta Konsultan bisnis dari Perhimpunan Setara Purwokerto.

Skema pendampingan usaha Koperasi yang dilakukan tidak jauh dari usaha yang dijalankan oleh Koperasi itu sendiri dimana Jaringan Koperasi Kopi di Jawa Tengah termasuk dalam kategori koperasi sektor riil dimana permasalahan sering kali terjadi pada proses rantai pasoknya itu sendiri mulai dari Hulu hingga ke Hilir. Proses mulai dari Hulu ke Hilir yang menjadi permasalahan pada Komoditas Kopi diantaranya : masih minimnya pengetahuan para petani kopi untuk mengetahui tekstur lahan yang digunakan dengan intensitas cahaya matahari yang berbeda-beda, teknik penanaman yang tepat pada berbagai jenis tekstur tanah tersebut di setiap Kabupaten atau Kota.

Selain itu skema pendampingan usaha koperasi tak hanya dari sisi usaha saja tetapi dari sisi kelembagaan Koperasi juga harus diperhatikan, dimana masih banyak permasalahan Koperasi Produsen yang ditemukan khususnya pada Koperasi Kopi. Diantaranya masih minimnya kesadaran anggota dalam berkoperasi, kurangnya partisipasi anggota serta masih banyak juga Koperasi yang melupakan kewajiban berRAT dan hal ini menjadi perhatian khusus bagi Koperasi untuk membentuk Koperasi yang baik. Dengan pendampingan Usaha Koperasi diharapkan dapat membantu Koperasi untuk meningkatkan produktivitasnya baik dari sisi Usaha maupun Kelembagaannya.