SECERCAH HARAPAN KUD UNTUK BANGKIT

Seperti yang kita ketahui, bahwa perkembangan Koperasi Unit Desa (KUD) hingga saat ini mengalami kebimbangan, antara bertahan dan berbenah atau hilang karena kalah saing dengan era modern saat ini.

Rabu (10/08) PPKL Kab.Boyolali melakukan pendataan dan monitoring ke KUD Ganesa yang beralamat di Jalan Raya Boyolali - Semarang, Ds.Tanduk, Kec.Gladagsari, Boyolali. KUD Ganesa ini terakhir melaksanakan RAT yaitu pada tutup buku tahun 2010, setelah itu tidak pernah melaksanakan RAT dikarenakan ada masalah internal.

Menurut data dan informasi dari Ibu Ratmi dan Pak Jamal (Pengelola KUD Ganesa), unit usaha yang masih tersisa yaitu unit listrik PPOB dengan melayani 1.500 pelanggan, beliau memiliki keinginan untuk mempertahankan dan membenahi KUD Ganesa secara perlahan dan melindungi seluruh aset KUD yang masih ada sehingga tidak dimanfaatkan pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

Dengan keinginan tersebut, PPKL Kab.Boyolali memberikan motivasi dan pendampingan sehingga keinginan untuk berbenah bisa dilakukan bersama-sama, tentu hal tersebut perlu dukungan dari semua pihak terkait. Selain itu, inovasi digitalisasi dalam perkembangan unit usaha listrik di KUD penting dilakukan sehingga tidak kalah dengan sistim PPOB Online yg berkembang cepat di masyarakat.

Selain itu, diharapkan inovasi digitalisasi nantinya bisa memberikan kemudahan kepada pengelola dan anggota dalam bertransaksi, menambah pendapatan KUD, dan meningkatkan kesejahteraan anggota.

Penulis : PPKL Kab.Boyolali
Penyunting : Addien Alhuda