Kegiatan Pendampingan Restrukturisasi Usaha Koperasi

BANYUMAS - Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah melaksanakan Kegiatan Pendampingan Restrukturisasi Usaha Koperasi di Desa Karangkemiri Banyumas yang saat ini menjadi Desa Binaan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah.

Pendampingan kali ini dihadiri oleh tim Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah, Bp. Alfa Edison selaku tim pendamping dari Perhimpunan Setara, dan anggota KUB Desa Karangkemiri serta pengurus Koperasi Bangun Maju Makmur Sejahtera (Bamamase).

Desa Karangkemiri memiliki potensi komoditas yang sangat besar diantaranya gula semut, sale pisang, kripik buah, bambu, konveksi, kopi, dan kopra. Namun untuk pengembangannya saat ini lebih diprioritaskan pada komoditas gula semut, sale pisang, kripik buah, dan bambu karena sudah terbentuk dalam sebuah Kelompok Usaha Bersama (KUB) yang nantinya akan diprospek menjadi anggota dari Koperasi Bamamase.

Oleh karena itu, perlu adanya dukungan yang maksimal dari berbagai sektor baik pemerintah maupun masyarakat Desa Karangkemiri itu sendiri, sehingga dapat meningkatkan perekonomian di Desa Karangkemiri itu sendiri.

Pendampingan untuk aspek kelembagaan dan manajemen usaha menjadi prioritas yang penting sehingga koperasi sebagai sebuah badan usaha dapat menjadi tulang punggung penggerak perekonomian masyarakat di Desa Karangkemiri.