Kurasi Produk UKM untuk Pasar Amerika Serikat di Kabupaten Purwokerto

Kurasi Produk UKM untuk Pasar Amerika Serikat di Kabupaten Purwokerto

Purwokerto 15 September 2022 - Upaya Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah dalam membantu peningkatan pemasaran produk UKM terutama untuk pasar luar negeri terus dilakukan, salah satunya adalah kerjasama dengan pemerintah Kabupaten Banyumas, Purbalingga, dan Banjarnegara untuk memfasilitasi PT. Timur Rasa sebagai buyer pasar Amerika Serikat melalui kurasi langsung ke lapangan.

Di hari pertama, kamis 15 September 2022, ada 8 (delapan) UMKM yang telah dilakukan kurasi langsung ke lapangan
dengan hasil :

1. Batik Iah sokaraja Banyumas, disarankan oleh pihak buyer untuk membuat batik Cap dengan corak yang sederhana.

2. UKM Nopia, Pekunden. Banyumas, makanan olahan dari tepung dan gula jawa dengan proses pembuatan yang masih sangat sederhana, dengan ilmu turun temurun menjadikan Mino sebagai makanan khas jaman dulu yang masih bisa bertahan sampai hari ini. Namun karena bahan baku dan pengolahan dengan tanpa pengawet makanan menjadikan Mino sebagai makanan khas daerah yang tidak bisa bertahan lebih dari 3 bulan. Sehingga Mino tidak bisa untuk dijual ke pasar Amerika dan akan dibantu pasar dalam negeri.

3. PT. Lestari jaya bangsa. Kebasen Banyumas, produk mie yang berbahan dasar dari sagu atau bihun sagu bisa diterima oleh buyer Ibu Elisabeth, namun untuk kemasan plastik agar diperkuat dan kemasan dus isi 4 pcs ( semula 1 dus isi 12). menyesuaikan pasar USA . Dipersyaratkan adanya HACCP termasuk juga bahan baku.

4. UKM Keripik. Pare Mak Cinov Cilongok Banyumas. Disarankan keripik pare tidak memakai tepung dan model stick panjang.

5. Zee collection produk ecoprint Cilongok Banyumas, produk yang sangat bagus namun disarankan lebih ke fashion bukan kain. diarahkan untuk mengikuti kegiatan-kegiatan fashion show dan kerjasama dengan desainer untuk pasar global.


6. Dodol durian cahaya bulan Cilongok Banyumas, produk olahan dari durian dari rasa dan kemasan sudah sangat bagus, sarana pengolahan harus lebih higienis, untuk memanfaatkan cloud kitchen bila sudah jadi, dan sertifikssi sesuai pasar Amerika (HCCP).

7. Koperasi Nira satria, produsen gula kristal. Cilongok Banyumas, untuk pasar Amerika gula produk Nira Satria tidak bisa diterima karena kandungan gulanya yang terlalu tinggi (lk 7 % toleransi 3,5 s.d 4 %)

8. UKM madu kopi As syifa, Purwokerto timur kabupaten Banyumas. Produk madu dari UKM as Shifa sangat potensial untuk pasar Amerika, namun pihak Bayer menghendaki untuk merubah kemasan yang lebih kecil , bawa sample untuk uji lab di USA dan harus ada sertifikat HACCP.

Selanjutnya tim kurator akan melakukan Kurasi produk unggulan di Purbalingga dan Banjarnegara.