Gelar Penyuluhan Pendirian Koperasi

Berawal dari Kunjungan Mbak Lilik Tanti Sutanti fasilitator desa berdaya Kalimaro yang bertujuan untuk silaturahim/perkenalan dan untuk membuka komunikasi perihal persyaratan pendirian koperasi di Dinas Koperasi UKM Kabupaten Grobogan, hari ini pukul 14.00 WIB Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan (PPKL) bersama Bapak Pengawas Koperasi Ahli Muda berangkat menuju Kecamatan Kedungjati untuk menggelar penyuluhan perkoperasian yang bertempat di rumah Mbak Lilik Tanti Sutanti Desa Kalimaro Kecamatan Kedungjati.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh warga sekitar pemilik manfaat rumah zakat Desa Kalimaro dan relawan rumah zakat yang sangat berantusias mengikuti kegiatan ini untuk mendirikan koperasi. Kami menjelaskan manfaat dari berkoperasi, prinsip-prinsip koperasi, perangkat organisasi koperasi, simpanan pokok, simpanan wajib, dan syarat-syarat pendirian koperasi. Dari yang kami diskusikan dengan warga dan Relawan Rumah Zakat Desa Kalimaro, unit usaha yang akan dijalankan adalah simpan pinjam, dan pertokoan/distributor dikarenakan banyak warga yang mempunyai usaha tempe keripik, pengadaan air bersih, pertanian, dan kelompok ternak, maka jenis koperasi yang kami rekomendasikan adalah koperasi konsumen.

Tidak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 16.00 WIB di akhir kegiatan ini muncullah satu nama yang disepakati akan digunakan sebagai nama koperasi yaitu Koperasi Konsumen Berkah Mukti Kalimaro. Kami mengapresiasi semangat para relawan rumah zakat dan warga pemilik manfaat rumah zakat Desa Kalimaro dalam mendirikan koperasi, kami juga berharap jika koperasi sudah berdiri agar selalu berpegang teguh pada prinsip koperasi sehingga kesejahteraan anggota dapat tercapai pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. PPKL juga akan selalu mendampingi ketika koperasi sudah berdiri untuk melengkapi legalitas seperti NIB, Ijin Usaha Simpan Pinjam, dan pelaksanaan RAT tepat waktu untuk mendapatkan Sertifikat Nomor Induk Koperasi.