Kacang Pemberi Ide Berkoperasi

Ide berkoperasi itu bisa dipengaruhi banyak hal. Seperti karena kacang yang ada dibeberapa daerah di jawa tengah dan jawa timur ini. Apa iya kacang bisa jadi ide untuk berkoperasi?

Kamis (20/10/2022) PPKL Kabupaten Karanganyar menghadiri undangan penyuluhan pendirian koperasi dari kelompok tani sejahtera indonesia. Dalam penyuluhan ini PPKL memberikan informasi terkait dasar-dasar perkoperasian dan apa saja yang harus dipersiapkan dalam pembentukan sebuah koperasi. Kelompok Tani Sejahtera Indonesia ini ternyata memiliki banyak mitra kerja yang sudah melakukan pembibitan kacang sacha inchi.

Kacang sacha inchi sendiri sejenis kacang-kacangan yang belum banyak dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia. Kacang ini sangat kaya akan asam lemak seperti omega 3, omega 6, dan omega 9 yang sangat bermanfaat bagi kecerdasan anak. Karena manfaat yang sangat banyak kelompok ini memiliki ide untuk memproduksi minyak dan kosmetik dari kacang sacha inchi dengan mendirikan koperasi untuk legalitas usahanya.

Semoga usaha yang akan dilakukan ini bisa berjalan sesuai dengan keinginan dan menjadi koperasi yang bisa memberikan manfaat bagi anggotanya.

Penulis : PPKL Kabupaten Karanganyar