Pengembangan SDM UKM Melalui Sertifikasi SKKNI

Semarang - Kementerian Koperasi Republik Indonesia melalui Deputi Bidang UKM cq. Asisten Deputi Pengembangan SDM UKM bekerja sama dengan Dinas Koperasi Prov. Jawa Tengah melaksanakan kegiatan Pelatihan dan Uji Sertifikasi SDM UKM. Dalam kesempatan ini akan dilaksankan dua pelatihan secara bersamaan yaitu Pelatihan dan Sertifikasi Pelaksana Ekspor yang diikuti 30 peserta dan Pelatihan dan Sertifikasi Manager Toko Ritel UKM sebanyak 30 peserta. Acara ini berlangsung tanggal 22 s/d 25 November 2022 bertempat di Hotel Horison Kota Lama Semarang, yang dibuka secara daring oleh Asdep Pengembangan SDM UKM dan dihadiri secara langsung oleh Ibu Kepala Dinas Koperasi dan UKM Prov. Jawa Tengah.

Dalam pembukannya Dwi Andriani Sulistyowati Asisten Deputi Pengembangan SDM UKM Kementerian Koperasi dan UKM mengatakan pelatihan-pelatihan seperti ini penting untuk dilaksanakan agar gap antara tenaga professional yang ada dan permintaan tenaga professional tidak terlalu jauh, dimana saat ini permintaan tenaga professional sangat sedikit dibandingkan kebutuhan tenaga professional. Melalui pelatihan ini diharapkan mampu untuk menciptakan SDM yang memiliki kemampuan yang mumpuni.

Dalam sambutannya Ema Rahmawati selaku Kepala Dinas Koperasi dan UKM Prov. Jawa Tengah menekankan pentingnya sertifikasi SKKNI untuk pelaku Koperasi dan UKM di Jawa Tengah, agar dapat berkembang lebih baik lagi. Tidak hanya sampai disitu bahkan para UKM yang memiliki produk dan keunggulan-keunggulan tertentu nantinya bisa menjadi narasumber atau mentor yang baik untuk UKM lain apabila telah memiliki sertifikasi tersebut.