pembukaan kantor cabang dan operasional

Kunjungan Lapangan ke Koperasi inisial "KSP MMA" berkaitan pembukaan kantor cabang dan operasional usaha koperasi yang berlokasi di Desa Leteh Kabupaten Rembang. Dimana ada laporan dari masyarakat dan gerakan koperasi di lokasi kecamatan Rembang, dimana ada koperasi baru menawarkan pinjaman ke anggota masyarakat.

Kamis (24/11/2022) Berdasarkan laporan yang diterima, maka DINDAGKOPUKM Rembang Bidang Koperasi melakukan kunjungan lapangan untuk cek keberadaan koperasi tersebut. Hal ini sebagai bentuk pengawasan dan kepatuhan koperasi supaya tertib ijin usaha dan operasional sesuai dengan aturan di Kabupaten Rembang. Kunjungan lapangan dilakukan oleh subkor pengawasan ibu Sulis Setianingsih, subkor kelembagaan usaha ibu Retno Intaruni didampingi Awang Budiyono PPKL dan Alvian staff pengawas koperasi.

Dalam diskusi dengan pengelola koperasi Sdr Misbah di kantor koperasi simpan pinjam tersebut. Ditemukan pelanggaran yaitu BH Koperasi adalah tinggat kabupaten dimana primer Kabupaten Blora dan Sukoharjo. Koperasi melakukan praktek operasiobal tanpa memberitahukan ke Dinas yang membidangi Koperasi Dindagkopukm Rembang.

Maka dilakukan teguran kepada pengelola koperasi dan diharapkan mereka melakukan PAD Anggaran Dasar Koperasi untuk menjadi Badan Hukum Provinsi apabila ingin operasional di beberapa kabupaten. Dengan batas waktu toleransi 1 bulan apabila tidak dipenuhi, maka koperasi harus menutup usahanya di wilayah Kabupaten Rembang
@kemenkopukm
@diskopukmjateng
@penyuluhkoperasi
@ppkljawatengah
@dindakopukm.rembang