Rapat Koordinasi Monitoring dan Evaluasi PL-KUMKM

Pendataan lengkap KUMKM merupakan salah satu program strategis Kementerian Koperasi dan UKM RI. Tahun 2022 Jawa Tengah mendapatkan target data KUMKM sebanyak 1.633.425 dengan batas waktu sampai dengan 30 November 2022. Per tanggal 23 November 2022, capaian data terverifikasi di Jawa Tengah sebanyak 1.231.585 atau 75.4%.

Sebagai langkah percepatan dan untuk menggali serta mengurai permasalahan/kendala yang dihadapi, maka dilaksanakan Rapat Koordinasi Monitoring dan Evaluasi PL-KUMKM di Jawa Tengah Tahun 2022 pada tanggal 23-25 November 2022 di Metro Park View Hotel Kota Lama, Kota Semarang.

Dalam sambutan pembukaannya, Dra. Ema Rachmawati, M.Hum selaku Kepala Dinas Koperasi dan UKM Prov. Jateng menegaskan perlunya komitmen bersama dengan Kab/Kota untuk melakukan upaya percepatan antara lain : memaksimalkan enumerator potensial, mempercepat proses verifikasi, menuntaskan data pending, memanfaatkan prelist yang tersedia, serta memastikan kembali seluruh sentra ekonomi sudah didata.

Hadir sebagai narasumber Bapak Tarofi dari kemenkop dan UKM RI dan Bapak Eko Suharto, S.ST, M.S dari BPS Prov. Jateng yang menyampaikan materi evaluasi dan Analisa capaian data yang diperoleh Prov. Jateng dengan moderator Bapak Sigit Rudianto, SE dari TVRI. Acara ini mengundang perwakilan tim pokja 32 Kabupaten/kota terpilih.

Dengan adanya rakor monitoring dan evaluasi ini diharapkan dapat menghasilkan rumusan solusi alternatif dan kesepakatan bersama antar seluruh pihak, sehingga capaian target data untuk Jawa Tengah mendapatkan hasil yang optimal.

#PL-KUMKM_JATENG2022