Kontribusi Positif Jawa Tengah pada Rapat Sinkronisasi Kemenkop UKM

Manado (02/12)- Kepala Dinas Koperasi UKM Prov. Jateng, Ema Rachmawati menyampaikan materi pada panel Rapat Sinkronisasi Indikator Kinerja Bidang Koperasi UMKM dan Kewirausahaan di Hotel Mercure Bali.

Dalam paparannya, disampaikan bahwa dalam implementasi Permendagri 90/2019 terkait kodefikasi program dan kegiatan urusan koperasi UKM banyak ditemukan kendala dalam implementasi di lapangan, baik terjadinya tumpang tindih kewenangan maupun ada yang belum bisa dilaksanakan karena tidak tertampung dalam struktur organisasi eksisting.

Beberapa kegiatan dan sub kegiatan yg perlu disempurnakan ada di program pengawasan dan pemeriksaan koperasi, program penilaian kesehatan KSP/USP, program pemberdayaan dan perlindungan koperasi, program pendidikan dan pelatihan perkoperasian, program pengembangan UKM dan program pemberdayaan UKM.

Kemendagri dan Kemenkop UKM menyambut baik usulan dari Jawa Tengah, dan di bulan Desember ini akan didiskusikan khusus secara marathon agar proses pemutakhiran program dan kegiatan urusan koperasi ukm dapat segera terealisasi.