EMBRIO KOPERASI MELALUI ASOSIASI KOPI

Asosiasi Kopi Wonosobo (Askawon) merupakan wadah komunikasi antar pengrajin kopi yang tersebar di berbagai kecamatan di Wonosobo sehingga akan lebih menyatukan persepsi dan ide demi pengembangan komoditas dan kesejahteraan bersama. Dari hal itulah anggota menginginkan asosiasi menjadi lembaga legal formal yang berbentuk koperasi.

Senin (26/12/2022) PPKL Kab.Wonosobo bersama staf Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM Kabupaten Wonosobo melakukan penyuluhan pendirian koperasi yang bertempat di Tangent Roastery. Dalam kegiatan penyuluhan tersebut hadir pula Sekretaris Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan serta 12 orang perwakilan anggota Asosiasi dari berbagai Kecamatan.

Kegiatan penyuluhan berlangsung lancar, interaktif, dan sangat antusias dari anggota. Rencananya setelah melengkapi berkas-berkas pendirian koperasi maka dilanjutkan untuk mengurus badan hukum koperasi ke NPAK pada bulan Januari pasca penyelenggaraan RAT.

Setelah berbadan hukum koperasi nantinya, koperasi akan menjalankan beberapa unit usaha seperti pemasaran produk, pengadaan kemasan kopi dan pengadaan jasa pemotongan, serta usaha- usaha lain yang mendukung perekonomian anggota sehingga akan menciptakan kemandirian ekonomi berbasis cluster kopi melalui Koperasi.

Penulis : Ayu Kurnia Fatmawati, S.Pd - PPKL Kab.Wonosobo