GELIAT KOPERASI GARAM DI REMBANG

Garam merupakan salah satu bumbu utama yang menambah cita rasa dalam masakan. Selain dicampurkan dalam masakan, garam juga kerap disajikan di meja makan sebagai pelengkap atau kondimen bersama dengan lada. Jenis garam saat ini juga beragam.
Dibenak kita pasti pembuatan garam konsumsi adalah pabrikan besar. Eit tunggu dulu di Kabupaten Rembang tepatnya di Kecamatan kaliori garam konsumsi sudah diproduksi oleh Koperasi.

Koperasi Tani Sari Makmur merupakan salah satu koperasi yang usaha utamanya adalah memproduksi garam konsumsi. Koperasi ini sempat vakum beberapa tahun namun pada tahun 2016 diaktifkan kembali sehingga bisa bergeliat kembali organisasi dan usahanya.

Luqman Arifin staf Kelembagaan Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Tengah dalam kunjungannya, Kamis 1 Januari 2023 di kantor Koperasi dan Gudang penyimpanan garam melakukan identifikasi lapangan terkait Koperasi yang diusulkan sebagai tenant program inkubasi Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah dari dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Rembang.

Dalam identifikasi kami ditemui oleh sekretaris Koperasi. Dari identifikasi diketahui bahwa Koperasi ini sudah mulai produksi 2 tahun terakhir ini dan mulai dipasarkan disekitaran Rembang. Untuk diketahui garam konsumsi ini sudah ada ijin dari instansi terkait.