Inkubasi Koperasi Melalui Wirausaha Koperasi

Bertempat di Oemah Joglo, Kab. Purbalingga. Telah dilaksanakan Pertemuan dengan segenap Unsur dari Pengurus dan Anggota Koperasi Produsen Mitra Lira Perwira, Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah, dan Dinas Koperasi dan UMKM Kab. Purbalingga.

Kira-kira apasih dari tujuan pertemuan tersebut? ????

Nahh.. Salah satu tujuan dari pertemuan ini adalah terkait Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 7 tahun 2021 tentang Kemudahan, Pelindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Yaitu Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah terlebih dahulu melaksanakan kegiatan Identifikasi Survey untuk Pengembangan Wirausaha Koperasi/Inkubator Koperasi di Kab. Purbalingga melalui Inkubator Bisnis Tuka-Tuku Purbalingga sebagai wadah untuk mengembangkan bisnis usaha Koperasi Produsen Mitra Lira Perwira yang merupakan tenant.

Lalu Sejauh Mana Prosesnya?

Dalam Pertemuan tersebut, Perwakilan Inkubator Bisnis Tuka-Tuku Purbalingga menjelaskan bahwa kondisi saat ini, fasilitas untuk menunjang pendampingan kepada Tenant sudah cukup siap, selain itu Inkubator juga telah melaksanakan tukar diskusi bersama dengan Koperasi Koperasi Produsen Mitra Lira Perwira dalam mendukung upaya untuk mengembangan Koperasi Produsen Mitra Lira Perwira sebagai Calon Sentra Sapu Lidi di Kab. Purbalingga.

Ketua Koperasi Produsen Mitra Lira Perwira juga menjelaskan, saat ini koperasi perlu Pendampingan terkait manajemen Usaha Koperasi. Sehingga dengan didorongnya melalui Pendampingan Usaha Koperasi, diharapkan akan mampu mendongkrak Kapasitas Produksi Sapu Lidi di Koperasi Produsen Mitra Lira Perwira untuk pasar Domestik dan Internasional dengan kualitas yang lebih Baik. Selain itu kebutuhan akan Bahan Baku yang besar saat ini belum mampu dicukupi olehs Koperasi, sehingga pada saat ini koperasi akan lebih fokus mendorong anggota untuk lebih semangat memproduksi Sapu dengan kualitas yang lebih baik.

Melalui Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah, yang diwakili oleh Ibu Tiyas Sulistiya, berharap dengan adanya Inkubasi ini akan mendorong Koperasi pada Aspek Kelembagaan, Kuangan, maupun Usaha Koperasi bersama lembaga Inkubator. Tidak hanya itu, dengan dijalinnya kerjasama ini antara Inkubator dan Tenant diharapkan dapat menciptakan dan menyerap lapangan kerja baru, untuk sentra Sapu Lidi di Kabupaten Purbalingga.