Inkubasi Koperasi yang Terpadu

Eitss.. Ada yang unik nih di Ds. Panembangan, Kec. Cilongok, Kab. Banyumas. Salah satunya yaitu ada Koperasi Memiliki Usaha Perikanan lho... (19/01/2023) Bertempat di Balai Desa Panembangan, dalam pertemuan tersebut telah hadir unsur dari Pengurus Koperasi Pemasaran Mina Setya Panembangan, Perangkat Desa Panembangan, Petugas Penyuluh Perikanan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, serta Perwakilan Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah.

Dengan terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 7 tahun 2021 tentang Kemudahan, Pelindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, maka Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah, melaksanakan Identifikasi pada calon Inkubator oleh UMP dan calon Tenant oleh Koperasi Pemasaran Mina Setya Panembangan. Dalam hal ini Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah melakukan Survey untuk mengetahui lebih dalam, bagaimana Core dari proses bisnis di Koperasi Pemasaran Mina Setya Panembangan.

Dalam Sambutannya, Bapak Narto sebagai Ketua Koperasi Pemasaran Mina Setya Panembangan, menyampaikan saat ini koperasi bergerak di banyak sektor pada bidang perikanan. Yaitu antara lain Pembenihan, Budidaya Perikanan, Produksi Pakan, Pengolahan Ikan, Pemasaran, sampai dengan Kerjsama sama dengan Pihak Terkait. Pada budidaya ini, Ikan yang dipilih adalah jenis Ikan Nila, selain sebagai kebutuhan Pokok Konsumsi masyarakat, mampu meningkatkan kesejahteraan ekonomi Anggota Koperasi. Untuk Anggota koperasi merupakan unsur dari Kelompok Masyarakat di Desa Panembangan. Manfaat dari adanya koperasi ini mampu menumbuh kembangkan Potensi yang ada di Desa, Salah satunya Wisata Mina Tani, yaitu perpaduan antara Pertanian dan Perikanan yang menjadi nilai Tambah Desa Panembangan. Namun dalam pelaksanaannya, anggota koperasi masih mengalami beberapa kendala, sehingga dengan hadirnya Inkubasi ini. Diharapkan mampu memperbaiki dan mengembangkan Koperasi Pemasaran Mina Satya Panembangan pada sisi Kelembagaan Koperasi, Keuangan Koperasi, dan Usaha Koperasi.

Selain itu, Kementerian Kelautan Perikanan melalui Petugas Penyuluh Perikanan, juga turut membimbing dan membina petani ikan Koperasi Pemasaran Mina Satya Panembangan agar mampu memaksimalkan usaha perikanan milik anggota koperasi sampai dengan Panen Ikan.

Kemudian Ibu Tiyas Sulistiyaningsih, perwakilan dari Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah, juga menyampaikan bahwa potensi yang dimiliki Koperasi Pemasaran Mina Satya Panembangan sangat luas, dan dari sisi Anggota sudah cukup baik dalam melakukan budidaya Perikanan, namun harus ada yang ditingkatkan pada sisi Kelembagaan, Keuangan, dan Usaha Koperasi. Hal ini diperlukan sekali oleh koperasi untuk mengetahui jumlah kebutuhan pasar, serta pencatatan dikoperasi menjadi Jelas.