Pengetahuan, Profesional, dan Kemampuan Berbahasa Asing adalah Pilar UKM Naik Kelas

Bantul - Pada tanggal16 s/d 20 Januari 2022 Dinas Koperasi, Usaha Kecil Dan Menengah Prov. Jawa Tengah memalui Bidang Bina Usaha dan Pemasaran melaksanakan Bimbingan Teknis dan PKL Peningkatan SDM UKM Berorientasi Bussiness Language.  Kegiatan ini dilaksanakan di Kab. Bantul D.I. Yogyakarta yang diikuti oleh para peserta dari Kab. Wonosobo dan Kab.  Temanggung.

Di dalam kegiatan ini, kami mendatangkan mentor - mentor berpengalaman dan handal dari Kampung Inggris Yogyakarta, yang kemudian akan disambung dengan kegiatan PKL ke UKM di daerah Bantul yang telah melaksanakan kegiatan ekspor. Dengan kegiatan tersebut diharapkan para peserta mendapatkan wawasan dan ilmu berharga dari UKM Bantul yang telah melaksanakan ekspor tersebut.

Kemampuan berbahasa asing secara aktif dirasa sangat penting bagi para pelaku UKM sebagai bekal menghadapi era globalisasi society 5.0 dan dapat diterapkan untuk negosiasi bisnis dengan konsumen (buyer), sehingga UKM dapat naik kelas dan berorientasi pada ekspor.

Hal tersebut sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Joko Supriyanto selaku analis bimbingan usaha dalam pembukaannya yakni "Kemampuan berbahasa asing sangat dibutuhkan dalam menghadapi era society 5.0 dimana era tersebut bertujuan untuk mewujudkan dan menciptakan hidup yang nyaman bagi semua lapisan masyarakat dengan memanfaatkan segala teknologi yang dimiliki. Selain hal tersebut, kemampuan berbahasa asing merupakan suatu tantangan tersendiri bagi pelaku UKM dalam menghadapi konsumen (buyer) utamanya dari luar negeri."