Bimbingan Teknis Manajemen Permodalan Koperasi

Semarang, 26 Januari 2023

Dalam rangka meningkatkan kapasitas pengurus dalam pengelolaan dan optimalisasi sumber daya koperasi, Dinas Koperasi UKM Provinsi Jateng menyelenggarakan Bimbingan Teknis Manajemen Permodalan yang dilaksanakan pada 24-26 Januari 2023 bertempat di Hotel Candi Indah Convention, Kota Semarang. Kegiatan ini dihadiri oleh masing-masing 30 orang pengurus/pengelola KSP konvensional dan syariah.

Bimtek Manajemen Permodalan dibuka oleh Kepala Bidang Pengawasan, Ibu Jani Sugijarti, SH, M.Si. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa permodalan merupakan salah satu faktor penting untuk menggerakkan roda pelayanan dan transaksi bisnis koperasi. Kemampuan pengurus/pengelola dalam mengembangkan dan mengatur komposisi modal koperasi menjadi sangat signifikan mengingat struktur modal akan berdampak langsung terhadap posisi finansial dan rasio keuangan yang menjadi pondasi dalam penentuan kebijakan operasional koperasi.

Melalui Bimbingan Teknis ini diharapkan pengurus dapat lebih memahami, bukan hanya terkait strategi pengembangan permodalan koperasi namun tidak kalah pentingnya adalah bagaimana menajemen permodalan yang baik dan tentunya tetap sesuai dengan regulasi yang berlaku.