Penyuluhan Koperasi

PPKL Kabupaten Pemalang melaksanakan tugas Penyuluhan di KSPPS Al Ikmal Sejahtera Abadi yang terletak di Desa Kendaldoyong Kec. Petarukan Kab. Pemalang.
Pada tanggal 13 Agustus 2020 PPKL melakukan kunjungan sekaligus penyuluhan ke KSPPS Al Ikmal yang merupakan koperasi baru terbentuk di tahun 2018 yang beranggotakan para penguasaha brownies yang mempunyai usaha di kota-kota besar dan juga para warga Desa Kendaldoyong dan tidak menutup kemungkinan untuk menerima anggota dengan persyaratan sesuai AD/ART Koperasi.
Koperasi ini berdiri dari adanya paguyuban pengusaha brownies yang mempunyai kegiatan sosial seperti santunan anak yatim piatu, sunatan masal, dll., sehingga kesepakatan dari para anggota ingin membuat usaha dengan berbadan hukum koperasi yang dapat melayani kegiatan UMKM bagi masyarakat Kecamatan Petarukan khususnya dan masyarakat pemalang pada umumnya, yang hasilnya dapat dirasakan anggota dan dapat menambah dalam kegiatan sosial tersebut.
Pada kesempatan ini, PPKL memberikan saran agar kelengkapan Kelembagaan koperasi agar dipenuhi seperti 18 Buku kelengkapan organisasi dan lain-lain dikarenakan koperasi tersebut baru berdiri, dan memang diperlukan pendampingan yang intens dari PPKL maupun Dinas koperasi agar nantinya pengurus dapat menjalankan organisasi sesuai koridor aturan perkoperasian. Lebih lanjut KSPPS Al Ikmal disarankan agar memiliki NIK koperasi agar diakui keberadaannya sebagai koperasi aktif dari segi kelembagaan dan usaha, untuk pengecekan koperasi sudah memiliki NIK atau belum dapat dikihat di website nik.depkop.go.id.
Koperasi yang berkedudukan di Dusun Dukuh Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang ini juga merasakan dampak dari pandemi Covid 19 yang sedang berlangsung. Dampak yang dirasakan koperasi adalah setoran pinjaman anggota tertunda, jumlah simpanan menurun, hal tersebut diikuti pula dengan setoran jasa pinjaman anggota yang menurun, tetapi hal tersebut tidak membuat anggota mengambil simpanan di koperasi, dengan alasan tingkat kepercayaan anggota kepada koperasi sangat tinggi.