Aplikasi SIKIJANG

Pada hari Kamis, tanggal, 13 Agustus 2020, PPKL Kabupaten Cilacap melakukan pendampingan terkait penyusunan laporan keuangan pada Koperasi Kemiren Asri Mandiri. Koperasi yang memiliki Badan Hukum Nomor : AHU-0000325.AH.01.26. Tahun 2019, tanggal 15 November 2019 merupakan koperasi pemasaran yang yang menjalankan usaha pengolahan jamur, telur asin, jamu tradisional, ternak dll.

Dari hasil kunjungan yang dilakukan diketahui bahwa Koperasi yang berkedudukan di Jl. Baruna Tengah I Nomor 459 A, Kelurahan Tegal Kamulyan, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, akibat covid-19 mengalami penurunan omset. Untuk mengatasi Hal tersebut koperasi melakukan inovasi dengan memberikan fasilitasi kepada anggota agar menambah usaha seperti pembuatan masker, jahe merah instan dan geplak jahe merah, kemudian Koperasi memasarkan hasil produksi anggota. Langkah pemasaran yang dilakukan Koperasi berikutnya adalah membuat pasar wisata untuk dapat menjadi sarana bagi anggota untuk menggelar lapak usahanya yang sampai saat ini masih dalam proses pembangunan. Selain itu koperasi juga menjalankan kegiatan usaha simpan pinjam sebagai pendukung usaha utama koperasi.

Dalam pendampingan terkait penyusunan laporan keuangan, PPKL Kabupaten Cilacap juga menyarankan agar dilakukan pemisahan pembukuan antara unit usaha pemasaran dan unit simpan pinjam. Hal tersebut dimaksudkan untuk mengurangi tingkat resiko yang mungkin timbul. Selain itu PPKL juga melakukan pembinaan terkait dengan aspek kelembagaan koperasi seperti papan nama, struktur organisasi dan juga kelengkapan 18 buku koperasi.

Seluruh hasil kegiatan kemudian diinput ke https://sikijang.jatengprov.go.id. Diharapkan dengan pendataan yang telah dilakukan pemerintah dapat membuat regulasi atau peraturan serta kebijakan yang terbaik bagi kemajuan koperasi di masa yang akan datang. Maju terus Koperasi Kemiren Asri Mandiri.