Gerakan Berkoperasi menghimpit persepsi bank Plecit

Banjarnegara (3/3), KSP Amanah Lestari yang beranggotakan 538 orang melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tutup buku tahun 2023 di RM Sari Rahayu II Gumiwang Kabupaten Banjarnegara.

Perwakilan Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah hadir menyampaikan sambutan yang merupakan kesimpulan laporan pertanggungjawaban pengurus dan pengawas tahun buku 2023 dan Pembukaan RAT KSP Amanah Lestari secara langsung oleh Yusa Bramidha, S.STP, MM selaku Sub Koordinator Seksi Penyelenggara Balatkop UKM Jateng.

Rapat Anggota Tahunan (RAT) tersebut turut dihadiri langsung oleh Drs. Adi Cahyono Purwo Saputro, M.M., selaku Kepala Dinas Perindustrian, perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Banjarnegara, Wisnu Pamungkas selaku Ketua Pengurus KSP Amanah Lestari dan Sukoco selaku Ketua Pengawas KSP Amanah Lestari.

Adi dalam sambutannya, mengajak seluruh anggota KSP Amanah Lestari untuk mengubah mindset atau persepsi yang selama ini koperasi dianggap mempunyai citra buruk dengan istilah bank plecit atau sejenisnya. Gerakan koperasi tidak perlu adanya marketing atau petugas lapangan, melalui pemahaman gerakan berkoperasi seharusnya kesadaran anggota dan pengurus dalam menjalankan kewajiban akan meningkatkan kesejahteraan bersama, tutur Adi.

Yusa menyampaikan RAT ini sebagai ajang mengemukakan saran dan pendapat bersama untuk mengevaluasi kinerja koperasi dan mengembangkan koperasi menjadi lebih baik lagi sehingga kesejahteraan seluruh unsur dapat tercapai.
Kinerja keuangan Tahun 2023, KSP Amanah Lestari diperoleh rasio BOPO sebesar 95,79% dan Return of Assets (ROA) koperasi tahun 2023 sebesar 1,83% sehingga disarankan untuk mengoptimalkan aset yang dimiliki untuk peningkatan SHU.

Hasil rekomendasi penilaian kesehatan selama 1 tahun agar menjadi pedoman untuk tahun selanjutnya. Harapannya dapat dilakukan pemeriksaan kesehatan koperasi secara rutin oleh tim Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah, imbuh Yusa.