ANGGARAN DASAR KOPERASI, DISIMPAN DILUPAKAN!!

Tahukah anda apa itu anggaran dasar? Pernahkah anda membacanya? Atau minimal pernahkah anda melihatnya? Saya yakin dan bisa menebak pasti hanya beberapa dari kalian yang pernah melihat kemudian membacanya.

Anggaran dasar dianggap sebagai benda keramat, sudah harganya mahal lebih baik disimpan dibankas koperasi agar tidak rusak dan kotor. Padahal tahukah anda bahwa anggaran dasar merupakan keseluruhan aturan yang mengatur secara langsung kehidupan koperasi dan hubungan antara koperasi dengan anggotanya, untuk terselenggaranya tertib organisasi.

Banyak orang juga tidak tahu anggaran dasar koperasi bisa berubah. Salah satu sebab anggaran dasar koperasi berubah adalah perubahan bidang usaha koperasi, penggabungan, pembagian dan perubahan wilayah keanggotaan koperasi juga menjadi salah satu penyebab perubahan anggaran dasar koperasi harus dilakukan.

Hari ini, Selasa, 24 November 2020, di Kantor Dinindagkopukm Kabupaten Rembang, PPKL Kabupaten Rembang melayani konsultasi dari KSPPS BMT Harapan Umat Mulia yang akan melakukan perubahan Anggaran Dasar Koperasinya. Mbak Asiyah selaku wakil pengurus koperasi menuturkan bahwa perubahan Anggaran Dasar Koperasi dilakukan berkaitan dengan perubahan keanggotaan koperasi. Perubahan keanggotaan yang dilakukan adalah, dari hanya Kabupaten Rembang menjadi Seluruh wilayah Provinsi Jawa Tengah.

PPKL Kabupaten Rembang selalu siap sedia memberikan pendampingan bagi koperasi yang akan melakukan perubahan anggaran dasar. Jadi, yuk kita keluarkan anggaran dasar koperasi kita dari brankas, kita baca dan kemudian pelajari anggaran dasar masing- masing agar lebih kenal dan cinta dengan