membantu pelaku UMKM

Semarang, 24 November 2020

Menjelang berakhirnya tahun 2020 dan menyongsong tahun 2021, kita tidak pernah tahu kapan pandemik ini akan berakhir?. Tahun 2021 merupakan tantangan bagi pelaku UMKM untuk terus bertahan hidup ditengah ketidakpastian pandemi ini, lalu bagaimana cara Pemerintah Provinsi Jawa Tengah membantu pelaku UMKM untuk menerima tantangan itu?

Kepala Balatkop UKM Bp. Hatta Hatnansya Yunus, S.STP, M.Si bersama Kasi Penyelenggara Bp Yusa Bramidha, S.STP mewakili Kepala Dinas Koperasi UKM Jateng menghadiri undangan dari C Radio 93.4 FM untuk bercerita banyak tentang program-program yang telah dijalankan untuk membantu UMKM tetap terus bertahan hidup di tengah pandemi Covid-19 selama 8 bulan ini.

Mulai dari Pelatihan Offline yang telah dilaksanakan baik di Balatkop UKM maupun di Kab/Kota di Jawa Tengah meliputi Pelatihan Manajerial, dalam Pelatihan Manajerial ini pelaku UMKM diajarkan bagaimana mengelola operasional dan SDM usaha mereka, keuangan, serta memasarkan secara online produk mereka. Untuk pelatihan Online Balatkop UKM dibantu oleh Hetero Space membentuk Akademi Balatkop dengan 3 macam pelatihan antara lain: Online Course, Webinar dan WA Talks. Hetero Space juga mempunyai program Hetero Business Leap juga diadakan secara Offline untuk membantu UMKM diwilayah sekitar yang menginginkan praktek secara langsung.

Bp Hatta juga berpesan kepada UMKM di Jawa Tengah untuk terus mencintai pekerjaannya, tetap semangat dan terus menjaga kesehatan di tengah Pandemi ini, kreativitas dan inovasi harus dilakukan untuk tetap bertahan hidup, dan kolaborasi adalah kewajiban. Karena tanpa kolaborasi, kita bukanlah siapa-siapa.