BERJUANG DENGAN PUMA SERA

Puma? Apa itu? Masyarakat pasti sudah familiar mendengar kata tersebut. Tapi ini bukan merk sepatu atau tas melainkan singakatan dari PURWOREJO MAJU SELARAS

Yaa, PUMA SERA merupakan usulan nama untuk Koperasi Konsumen wadah dari pelaku usaha UKM di Wilayah Kabupaten Purworejo.

Senin, 18 Januari 2021 bertempat di Gedung Koni Jalan WR.Supratman lingkup Kecamatan Purworejo. Telah dilaksanakan Kegiatan sosialisasi pendirian koperasi untuk para pelaku UKM di Kabupaten Purworejo yang total jumlah anggota keseluruhan dari gabungan UKM tersebut mencapai 200 orang lebih.

PPKL Kabupaten Purworejo difasilitasi oleh Dinas Koperasi setempat melakukan kegiatan edukasi dan sosialisasi perihal tahapan dan tata cara pendirian koperasi sesuai diatur Permen Koperasi dan UKM Nomor 9 Tahun 2018 tentang Pembentukan Koperasi, dengan menjelaskan pokok poin pembahasan mengenai Perencanaan Pendirian Koperasi; Penyampaian rencana dan konsultasi organisasi ke dinas (daerah) atau pusat (Kementerian); Rapat Pendirian Koperasi; Verifikasi Nama Koperasi, harus mengandung 3 suku kata dst.

PPKL berperan penting sebagai penyuluh koperasi untuk senantiasa melakukan pendampingan dan sebagai mentor dalam perwujudan hal tersebut diatas. Pengetahuan tentang perkoperasian menjadi penggiat pelaku UKM tersebut untuk mengembangkan usahanya melalui Koperasi.

Tujuan dari pembentukan koperasi ini tentunya sebagai wadah para pelaku UKM dari segi usaha guna meningkatkan roda perekonomian masyarakat melalui kegiatan usaha UKM pengolahan bahan makanan, kerajinan industri lokal dan peningkatan daya guna olahan hasil pertanian.

Dengan bermodal Simpanan pokok Rp.150.000 serta Simpanan Wajib Rp. 10.000 Koperasi Purworejo Maju Selaras berharap dapat mewujudkan cita-cita pembentukan koperasi dengan baik.


Salam Aktivator Koperasi
#ppklkemenkopukmri
#ppkljateng
#penyuluhkoperasi