KOPERASI ITU JUGA PERLU DIDATA LHO YA

Data merupakan harta yang paling berharga bagi seseorang, bagi perusahaan, dan tak terkecuali koperasi. Data yang hilang, walau hanya berdurasi 19 detik saja bisa menghancurkan hidup seseorang, apalagi data koperasi. Salah satu data koperasi yang sangat penting adalah NIK atau nomor induk koperasi yang dituangkan dalam sertifikat NIK.

Sertifikat NIK merupakan bukti bahwa koperasi diakui aktif baik dari segi usaha maupun kelembagaan nya. Pada kegiatan pendataan dan monitoring yang dilakukan pada hari Senin, 25 Januari 2021, melakukan pendampingan perpanjangan sertifikat NIK pada KPRI Setia Budhi. Bertemu langsung dengan Bapak Wiknyo Wiryanto, S.Sos.
selaku sekretaris koperasi yang beranggotakan guru- guru SMPN 1 Purwodadi, PPKL menyampaikan berbagai manfaat Sertifikat NIK bagi koperasi.

Sertifikat NIK bermanfaat untuk klasifikasi Koperasi berdasarkan jenis dan skala usaha Koperasi, pemeringkatan Koperasi berdasarkan kesehatan usaha dan kepatuhan terhadap nilai dan prinsip Koperasi, pemberian rekomendasi atas usulan program-program Pemerintah dan Daerah sesuai dengan klasifikasi dan peringkat koperasi, dan kegunaan lain yang memerlukan kepastian keberadaan Koperasi dari segi legalitas badan hukum dan usahanya. Sangat penting bukan untuk memastikan sertifikat NIK kita masih berlaku?

Tak lupa PPKL mengingatkan koperasi untuk segera melaksanakan RAT tutup buku tahun 2021 demi mempertanggungjawabkan kinerja pengurus dan pengawas kepada seluruh anggota. Walau ditengah pandemi RAT secara langsung tetap dapat dilaksanakan dengan menggunakan protokol kesehatan atau memilih menggunakan media tertulis maupun elektronik.