Manajemen Usaha dan Keuangan Level 1 Batch 1

Manajemen Usaha dan Keuangan Level 1 Batch 1 yang diselenggarakan di Hotel Dafam Pekalongan pada tanggal 1 s.d 5 Februari 2021 merupakan rangkaian Pelatihan Berjenjang UMKM Jawa Tengah 2021.

Dalam pembukaan Pelatihan, Kepala Balai Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah, Hatta H. Yunus, S.STP, M.Si menyampaikan bahwa pelaku UMKM harus mampu menghitung dan mencatat keuangan usaha sehingga dapat diketahui apakah usaha yg dijalani memberikan keuntungan atau tidak. Hal ini memberikan peluang bagi UMKM untuk menentukan strategi pengembangan usaha yang tepat.

Dalam sesi pertama pelatihan yang diikuti oleh 25 orang peserta, Bio Hadikesuma selaku tim pengajar memberikan pemahaman pelaku UMKM harus mengenali industri dan katagori usaha yang dijalaninya. Mindset dan pikiran UMKM harus direinstal dengan mengenal dan memahami pikiran dan pengalaman guru-guru bisnis sebagai role model.menutup sesi pertama, Bio menegaskan pengusaha jangan takut bangkrut, karena hal tersebut dapat dijadikan titik kebangkitan dan pembelajaran bagi UMKM