PELATIHAN BERJENJANG BEDA

Surakarta - Dinas Koperasi UKM Prov Jateng melalui Balai Pelatihan Koperasi UKM Prov Jateng mengawali tahun 2021 dengan Pelatihan Berjenjang bagi UMKM. Pelatihan Berjenjang merupakan program pelatihan secara offline selama 5 hari mulai tanggal 1 s/d 5 Februari 2021 yang dibagi menjadi 3 level untuk 1 jenis pelatihan dengan materi yang berbeda sesuai dengan level pelatihannya. Menimbang bahwa secara kapasitas bisnis, para pelaku UMKM memiliki masalah masing-masing di tiap level bisnisnya, maka UMKM membutuhkan pengetahuan, keterampilan dan wawasan yang tepat porsi, sesuai kapasitas bisnisnya.

Pelatihan berjenjang dielenggarakan dengan tujuan untuk menjadi solusi dan melandasi pertumbuhan bisnis dilevel pertumbuhan berikutnya. Peserta akan langsung di mentori oleh pelaku bisnis dan konsultan yang sudah berpengalaman dalam membina dan membentuk pelaku usaha, salah satunya Pelatihan Manajemen Operasional dan SDM.

Manajemen operasional dan SDM adalah bidang manajemen yang berkaitan dengan pengawasan, perancangan, pengendalian proses produksi dan perancangan ulang operasi bisnis dalam produksi barang atau jasa serta pengelolaan SDM. Manajemen operasional dan SDM berkaitan dengan berbagai kegiatan yang memungkinkan usaha untuk mengubah rangkaian input dasar seperti bahan, energi, kebutuhan pelanggan, informasi, kemampuan SDM, dan sebagainya menjadi output untuk pelanggan.

Kepala Dinas Koperasi UKM Prov Jateng Ibu Dra. Ema Rahmawati, M.Hum didampingi Kepala Dinas Koperasi UKM Kota Surakarta Bp Heru Purwoko JS, SH, MM dan Kasi Pengkajian Pengembangan Balatkop UKM Prov Jateng Ibu Ratna Widayastuti, SE, M.Kom membuka secara resmi Pelatihan Manajemen Operasional dan SDM di Hotel Megaland Solo. Bu Ema berpesan agar selalu mematuhi protokol kesehatan dengan ketat di masa PPKM ini dengan tetap melakukan 3M.

Dalam sambutannya beliau menyampaikan selamat bagi 25 pelaku UMKM yang terpilih dari sekitar 2700 UMKM yang mendaftar melalui proses seleksi yang ketat oleh tim mentor. Harapannya peserta pelatihan bisa memanfaatkan pelatihan ini dengan sebaik-baiknya untuk belajar, konsultasi dan diskusi dengan sesama peserta maupun dengan fasilitator/narasumber dan pasca pelatihan dapat mempraktekkan ilmu yang didapat untuk pengembangan usaha.

Pengelolaan talenta menjadi faktor penting bagi bisnis untuk dapat bertahan dan mencapai keberhasilan bisnis. Ketahanan suatu bisnis ditentukan oleh kemampuannya dalam menyesuaikan diri dengan tuntutan-tuntutan lingkungan serta perubahan yang terjadi. Kunci keberhasilan organisasi atau bisnis untuk bertahan ada pada kualitas yang dimiliki oleh sumber daya manusia di dalamnya, dimulai dari level individu hingga level grup.