KOPERASI BARU SEUMUR JAGUNG, HARUS RAT NDAK YA?

Kota Pekalongan (1/2) Koperasi apa nih kok baru seumur jagung? Masih dini sekali ya. KSP Artha Raharja merupakan koperasi yang baru berdiri selama 4 (empat) bulan. Kemudian pertanyaan selanjutnya apakah koperasi yang masih dini ini sudah harus memenuhi kewajiban admistrasi koperasi? Salah satunya Rapat Anggota Tahunan (RAT)

Jawabannya pasti iya tetap wajib melaksanakan RAT karena telah melakasanakan kegiatan usaha selama 4 bulan itu, jadi wajib melaporkan hasil usahanya tersebut ke anggota. Seperti yang dialami KSP Artha Raharja.

PPKL Kota Pekalongan mendampingi KSP Artha Raharja yang masih seumur jagung itu. Meskipun badan hukumnya terbit bulan september 2020,namun sebenarnya kegiatan usaha simpan pinjam ini sudah berjalan dari dua tahun sebelumnya.

Menyampaikan bahwa pelaksanaan RAT itu isinya menyampaikan laporan pertanggung jawaban pengurus dan pengawas selama tahun 2020.

PPKL Kota Pekalongan memperlihatkan salah satu contoh Buku RAT sederhana dari salah satu koperasi yg ada di Kota Pekalongan.

Banyak yg ditanyakan dalam kesempatan kali ini,diantaranya bagaimana cara menyusun laporan keuangan sampai menjadi buku laporan,bagaimana nanti proses pelaksanaan RAT,apa saja yg harus dipersiapkan dalan RAT dan banyak hal hal lain yg berkaitan dg RAT.

Dari pertemuan ini,PPKL Kota Pekalongan juga menyampaikan apabila masih bingung Kami siap untuk mendampingi sampai proses terselenggaranya RAT.