CEK DAN RICEK STATUS KESEHATAN KOPERASI.

Kesehatan Koperasi? Ternyata tidak hanya manusia saja yang harus memperhatikan kesehatan. Sebuah organisasi pun juga harus memperhatikan hal tersebut. Lalu bagaimana caranya? Yaa, kita cek & ricek saja melalui penilaian kesehatan Koperasi.

Status Koperasi dikatakan sehat apabila memenuhi beberapa pertimbangan dibawah ini: aspek permodalan, kualitas aktiva produktif, manajemen, efisiensi, likuiditas, kemandirian dan pertumbuhan, serta jatidiri koperasi.

Nah, salah satu hal terpenting dapat kita telisik melalui Laporan keuangan koperasi. Melalui neraca kita dapat mengetahui instrument arus keuangan sebagai acuan penilaian kesehatan KSP/USP Koperasi. Selain itu, laporan keuangan dapat digunakan sebagai salah satu media informasi untuk melihat perkembangan dan keberhasilan koperasi dalam melaksanakan kegiatan usahanya.

Agar Laporan Keuangan Koperasi bagus, maka dalam proses penyusunannya Pengurus harus memiliki ketrampilan SDM mengenai Ekonomi Akuntansi dan Manajemen Resiko dengan baik. Faktor neraca keuangan yang harus balance dan bersifat transparan juga selanjutnya diperlukan penyajian laporan keuangan yang mudah untuk dibaca, dimengerti dan dipahami oleh setiap anggota Koperasi.

Selasa, 9 Februari 2021, PPKL Kabupaten Banyumas melakukan pendampingan dan bimbingan Manajemen Akuntansi kepada Pengurus KSP Bangun Alif Mandiri guna menyusun dan melakukan pengecekan ulang atas laporan keuangan Koperasi yang sebelumnya mengalami beberapa kendala.

Bertemu dengan Ketua koperasi Pak Peno di kantor KSP di Sokaraja. Beliau menyampaikan beberapa permasalahan yang dihadapi dalam penyusunan laporan keuangan koperasi. Salah satunya adalah permasalahan yang timbul pada unit usaha koperasi, sehingga berimbas pada penyusunan laporan neraca keuangan koperasi.

Setelah dilakukan pemeriksaan (cek) dan pengecekan (ricek) bersama dengan PPKL, akhirnya ditemukanlah solusi untuk permasalahan tersebut. Kemudian pengurus siap merevisi pembetulan ulang laporan keuangan tersebut, dan siap untuk melaporkan rencana kegiatan RAT kepada Anggotanya.

Nah, pelan tapi pasti setiap masalah pasti mempunyai solusi. Seperti halnya Koperasi jika ada kendala menghampiri, maka kami PPKL aktivator koperasi pun siap mendampingi, membantu dan melakukan koordinasi demi mewujudkan Koperasi yang sehat berdaya guna bagi kesejahteraan anggotanya.

SALAM AKTIVATOR KOPERASI

#penyuluhkoperasi
#kemenkopukmri
#ppkljatengmakaryo
#ppklkabbanyumas