KOPERASI PUNYA IDENTITAS

Kab. Jepara (8/2) Sebagai bukti kewarganegaraan harus memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP). dengan KTP seseorang memiliki identitas sebagai warga negara Indonesia. Pengakuan sahnya kita sebagai warga negara yaitu dengan memiliki KTP. Bagi warga negara yang sudah mencapai umur 17 tahun maka wajib memiliki KTP.

Ternyata tidak hanya orang yang tinggal disuatu wilayah saja yang harus mempuyai KTP, namun juga koperasi.

Nah, kalo koperasi bagaimana? Apa sih yang menjadi ukuran legal dan sahnya koperasi? Apa harus nunggu 17 tahun baru bisa diakui?

Bukan itu sobat tidak harus menungggu 17 tahun untuk mendapatkan identitas koperasi. Koperasi hanya perlu mendaftarkan dirinya ke Dinas Koperasi dan UKM kab. Jepara sehingga data koperasi tersebut akan diinputkan kedalam sistem Online Data System (ODS).

Jika sudah terdaftar dalam data ODS makan selanjutnya akan diterbitkan sertifikat NIK (nomor induk koperasi). Seperti yang dilakukan Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Eka Karya, dengan didampingi oleh PPKL Jepara KSP Eka Karya mengurus daftar sertifikat NIK.

PPKL jepara menyerahkan sertifikat NIK kepada pengurus KSP Eka Karya. Yang beralamat di desa Margoyoso Kec Kalinyamatan.

Diharapkan dengan diterbitkan sertifikat NIK Koperasi, menjadikan koperasi tersebut lebih tertib administrasi dan menambah kepercayaan anggota sehingga bisa meningkatkan esksistensi usaha koperasi dari KSP Eka Karya