CERITA ASIK PPKL KABUPATEN JEPARA

Kab. Jepara ( 16/2) Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan (PPKL) Kab. Jepara mendapat tugas menghadiri Rapat Anggota Tahunan (RAT) KSPPS Artha Mitra Family. Bertempat di Palm Beach Resto. Sudah terbanyang bagaimana lokasi RAT tersebut, merupakan salah satu tempat dengan pemandangan pantai yang indah.

Dengan perasaan gembira, melaju kendaraan yang ditumpangi PPKL kab. Jepara menuju lokasi RAT dilaksanakan. Sampai dilokasi malah peserta belum datang, wah memang susah kadang untuk hadir tepat waktu.

Sehingga karena ini pertama kali saya kesana, kesempatan ini tidak saya sia - siakan. Waktu saya gunakan untuk ber swafoto bersama – sama. Pemandangan pantai yang indah, ditambah angin sepoi – sepoi terasa begitu menyenangkan.

Acara dimulai pukul 15.00 dari semula rencana pukul 13.30. Molor banget ya? memang agak kesal namun saya maklumi. Dikarenakan kebanyakan anggotanya tinggal didaerah pegunungan yang tentu saja jauh dari lokasi RAT.

Namun tidak masalah, karena lokasi yang dipilih dapat sedikit melepaskan penat dari kegiatan pekerjaan sehari – hari. Perasaan saya yang lagi good mood, karena akhirnya kesampaian juga saya bisa berfoto disana.

Acara berjalan agak alot membahas tentang keanggotaan koperasi. Koperasi sudah 6 tahun berdiri. Tetapi yang hadir RAT adalaha anggota pendiri 23 orang.

Disinilah peran PPKL diperlukan. Membuka pikiran anggota pendiri untuk menerima dan menambah anggota baru. Koperasi adalah dari, oleh dan untuk anggota. Keanggotaan bersifat sukarela dan terbuka.

Permasalahan lain adalah pembagian SHU. Bahwa sesuai prinsip koperasi, pembagian SHU dilakukan secara adil, sebanding dengan besarnya jasa usaha masing masing anggota.

RAT diambil kesimpulan bahwa seiring berjalannya waktu koperasi tidak bisa menutup diri dari perkembangan yang melaju dari luar sana. Sehingga harus menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

Penulis : Dewi Rahmawati
Penyunting : Ayun