Perputaran uang yang besar

“Perputaran uang yang besar tidak selalu berbanding lurus dengan keuntungan yang diperoleh pengusaha”

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah, Dra. Emma Rachmawati, M.Hum dalam sambutan pembukaan Pelatihan Manajemen Usaha dan Keuangan Level 1 Angkatan 2. Pelatihan yang diikuti oleh 25 orang peserta dari 12 Kab/Kota merupakan rangkaian kegiatan Pelatihan Berjenjang UMKM Jawa Tengah Tahun 2021. Pelaksanaan pelatihan di mulai tanggal 22 sd 26 Februari 2021 di Hotel Atria Magelang. Turut hadir anggota Komisi B DPRD Provinsi Jawa Tengah, Dra.Hj. Sri Maryuni dan M. Ngainirrichad, SH, MM, Kepala Balai Pelatihan Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah, Hatta Hatnansya Yunus , S.STP, M.Si., Kepala Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan UKM Kota Magelang, Drs. Catur Budi Fajar Soemarmo, MM dan Bio Hadikesuma dari Bio Hadikesuma Management Training dan Consultan sebagai tim pengajar.

Ibu Emma mengingatkan seluruh peserta, tim pengajar dan panitia menerapkan protokol kesehatan selama pelatihan berlangsung dan saling mengingatkan jika ada yang tidak disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan. Seluruh peserta dan tim pengajar telah melakukan rapid test sebelum mengikuti kegiatan pelatihan ini.

Selanjutnya, Ibu Emma mengungkapkan permasalahan utama UMKM di Jawa Tengah selama pandemi adalah kesulitan pemasaran dan manajemen keuangan yang belum tertata dengan benar. Banyak UMKM yang pengelolaan keuangan nya masih tercampur antara pribadi dan usaha, sehingga tidak dapat mengetahui sehat atau tidaknya keuangan usaha. Beliau menggambarkan 2 usaha yang berbeda, pertama usaha angkot dengan perputaran uang yang besar dan kedua usaha makanan onde-onde yang harga jual Rp. 1.000 per biji. Setelah dilakukan pencatatan dengan mengunakan metode pencatatan keuangan yang benar, usaha onde-onde memberikan keuntungan yang besar karena seluruh komponen biaya tercatat dan diperhitungan dalam harga jual, sedangkan usaha angkot masih banyak komponen biaya usaha yang belum diperhitungan. Ilustrasi ini menggambarkan pentingnya manajemen usaha dan keuangan bagi UMKM sehingga usaha yang dijalankan dapat berkelanjutan dan memberikan kesejahteraan bagi pelaku usaha.