INI LHO KOPERASI PATUT DI CONTOH

Tidak seperti biasanya, pada Minggu (07/03/2021) Six Water Game, Weleri Kendal yang biasa dikunjungi anak – anak yang akan berenang, tetapi pagi itu tampak berbeda yaitu adanya ibu-ibu dan bapak bapak yang berdatangan.

Bapak- bapak dan ibu ibu mau renang?

Eits jangan salah mereka datang di sana untuk mengikuti Rapat Anggota tahunan (RAT) KSPPS BMT Sumber Dana Barokah.
Tentunya RAT dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat. Semua peserta RAT yang datang wajib memakai masker, mencuci tangan, dicek suhu tubuhnya, dan peserta duduk dengan berjarak. Selain itu, peserta RAT pun terbatas hanya perwakilan anggota kurang dari 50 orang dari total jumlah anggota 1464 orang.

Dewi Indrianita (pengurus KSPPS BMT Sumber Dana Barokah) dalam sambutannya menjelaskan, bahwa asset/kekayaan dan modal koperasi mengalami peningkatan meski berada di tengah pandemi. Dewi juga menyebutkan besarnya perbandingan antara modal sendiri dan total aset mencapai 24 % lebih. Ini patut dicontoh oleh koperasi lain terutama koperasi simpan pinjam harus kuat dengan modal sendiri.

Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah yang diwakili Staff bidang Kelembagaan, mengapresiasi Koperasi yang telah melaksanakan RAT tepat waktu. Selain itu juga berpesan agar Koperasi selalu menjaga Prinsip dan Jatidiri Koperasi dengan memperkuat modal sendiri. Lebih lanjut beliau menyinggung pentingnya pendidikan perkoperasian karena kondisi koperasi selama pandemi Covid-19 yang konsen dalam pendidikan anggotanya cenderung lebih stabil kondisinya, baik dari keuangan usaha maupun manajemennya.