RAT PERDANA DI TENGAH PANDEMI, KOPERASI MANAKAH ITU ?

Sesuai dg UU No 25 Th 1992 tentang Perkoperasian, Rapat Anggota Tahunan (RAT) merupakan kewajiban setiap koperasi sebagai wujud dari pertanggungjawaban pengurus dan pengawas koperasi terhadap seluruh anggota setiap 1 tahun sekali.

Terus ? Gimana RAT ditengah pandemi ?
Nah, di Era pandemi ini pelaksanaan RAT dapat dilakukan melalui 3 cara, salah satunya yaitu dilaksanakan secara langsung (tatap muka) dengan jumlah terbatas.

Seperti yg dilaksanakan oleh Koperasi Batik Raya Indonesia (KBRI) Kota Pekalongan pada hari Jumat (02/04/2021) bertempat di Aula Gedung Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kota Pekalongan, koperasi ini berhasil melaksanakan RAT perdananya (pertama kali) T.B 2020 dengan cara langsung dan jumlah peserta terbatas.

Ahmad Budi Subekti (Ketua KBRI Kota Pekalongan) berterimakasih dan mengapresiasi kepada seluruh pengurus dan anggota yang berperan aktif dalam mewujudkan terselenggaranya RAT Perdana oleh KBRI Kota Pekalongan ini, selain itu RAT ini sebagai bahan perbaikan koperasi kedepannya, mengingat KBRI Kota Pekalongan baru pertama kali RAT dan baru berdiri 1 tahun.

Selanjutnya, Bapak Bima Kartika, S.H., M.M (Kepala Bidang Kelembagaan Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah) memberikan sambutan sekaligus membuka acara RAT Perdana KBRI Kota Pekalongan. Beliau memaparkan mengenai Dasar-Dasar Perkoperasian, Prinsip, dan Jatidiri Koperasi yang harus dipegang teguh oleh koperasi. Selain itu, loyalitas dan kesetiaan semua anggota adalah kunci dari kesuksesan koperasi.

Beliau juga menggambarkan Succes story Koperasi yang ada di Jawa Tengah dan Dunia, hal ini dimaksudkan untuk memberikan semangat kepada semua anggota agar lebih optimis dalam mengelola koperasi serta menumbuhkan jiwa memiliki dari anggota kepada koperasi. Selain itu, koperasi ini sebagai salah satu koperasi yang dijadikan program pendampingan dari Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah, beliau menaruh harapan besar terhadap perkembangan KBRI Kota Pekalongan ini agar bisa menjadi salah satu koperasi sukses di Jawa Tengah dalam hal Fashion atau Batik sebagai wujud dari peningkatan kesejahteraan anggotanya.

Selain itu diharapkan kedepan KBRI Kota Pekalongan bisa mengembangkan usahanya melalui pendirian perusahaan batik sebagai holding koperasi. Hal ini dimaksudkan agar kedepan KBRI Kota Pekalongan dapat bersaing dan lebih eksis sesuai perkembangan zaman. Semoga dengan terlaksananya RAT Perdana TB 2020 ini, dapat menjadi momentum anggota untuk semakin guyub, berkembang, dan tentunya lebih sejahtera melalui Koperasi.