KEMENKOP TERUS MEWUJUDKAN PENYULUH KOPERASI YANG BERKUALITAS

PPKL (Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan) adalah ujung tombak gerakan pendampingan koperasi di lapangan dan PPKL adalah sebagai Informator, Enumerator (pendataan koperasi), Motivator, Mentor (Pendamping) koperasi serta Mediator (Penghubung/Jembatan) koperasi dengan stakeholder. Maka dari itu, Kementerian Koperasi UKM RI menginginkan kualitas PPKL meningkat.

(Semarang, 22-23 April 2021) bertempat di Hotel Pandanaran Semarang,
Kementerian Koperasi UKM RI melalui Deputi Bidang Perkoperasian c.q Asisten Deputi Pengembangan SDM Perkoperasian dan Jabatan Fungsional melaksanakan kegiatan Peningkatan Kualitas/Kapasitas Bagi PPKL Jawa Tengah, acara tersebut diikuti oleh perwakilian 11 Kab/Kota PPKL di Jawa Tengah yang disupport oleh Tim Bidang Kelembagaan Dinkop UKM Prov. Jawa Tengah.

Acara diawali dengan pembukaan oleh Bapak Nasrun, S.Sos.,MAB (Asisten Deputi Pengembangan SDM Perkoperasian dan Jabatan Fungsional), beliau menekankan pentingnya PPKL sebagai ujung tombak untuk mewujudkan koperasi berkualitas, modern, dan tetap sesuai prinsip dan jati diri koperasi sesungguhnya. Maka dari itu dengan kegiatan ini, PPKL diharapkan fokus mengikuti kegiatan sehingga PPKL lebih profesional dan tangguh di dalam mendampingi koperasi di wilayah kerja masing-masing.

Selanjutnya, Ibu Dra. Ema Rachmawati, M.Hum (Kepala Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah), menekankan peran PPKL sebagai aktivator koperasi khususnya di Jawa Tengah, keberadaan PPKL sangat sentral strategis untuk meningkatkan koperasi supaya berkualitas dan membantu untuk mempersiapkan koperasi modern berbasis kluster.

Dengan adanya pelatihan ini, PPKL dapat meningkat kualitasnya, karena pelatihan ini mencakup banyak hal seperti akuntansi koperasi, regulasi perkoperasian terbaru, dan prinsip jati diri koperasi. Semua itu sangat penting untuk bekal PPKL di lapangan agar semakin profesional dan berkualitas.

#KoperasiModern
#UMKMNaikKelas
#PPKLJateng