Pelatihan Manajemen Koperasi

Dalam rangka memperkuat kepemimpinan perempuan dikomunitas untuk mendorong pemenuhan hak – hak menuju perempuan berkemajuan pada komunitas wanita Aisiyah Kabupaten Demak, Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan (PPKL) Kabupaten Demak pada tanggal 26 dan tanggal 27 Juni 2020 melakukan pendampingan dan penyuluhan perkoperasian dalam kegiatan Pelatihan Manajemen Koperasi bagi calon pengurus, pengelola dan pengawas koperasi yang diselenggarakan oleh Pimpinan Daerah Aisyiyah Kabupaten Demak melalui program MAMPU (Maju Perempuan Indonesia Untuk Mengurangi Kemiskinan) tahun 2020.

Materi kegiatan hari pertama adalah tata cara pendirian koperasi, prinsip–prinsip koperasi dan juga jati diri koperasi yang disampaikan oleh Bapak Fachrozi selaku PPKL Kabupaten Demak. Materi hari kedua adalah penyusunan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga koperasi yang disampaikan oleh Ibu Nur Wachidah selaku PPKL Kabupaten Demak.

Dra. Hj. Sri Suryaningsih selaku Koordinator Daerah Program MAMPU Kabupaten Demak dalam acara pembukaan menyampaikan bahwa melalui program kegiatan ini sudah siap pengajuan proses tiga (3) badan hukum koperasi yaitu Koperasi konsumen sebnyak dua jenis dan koperasi produsen satu jenis.

Kegiatan yang diikuti oleh 20 orang anggota Aisiyah dari berbagai perwakilan beberapa kecamatan di Kabupaten Demak dielenggarakan di Hotel Amantis Demak, Jl. Lingkar Demak dengan tetap menarapkan protokoler kesehatan standar covid-19 yang diantaranya cuci tangan, jaga jarak, dan memakai masker.

Dengan diselenggarakanya pelatihan ini semoga pemberdayaan perempuan untuk mengurangi kemiskinan dengan pendirian koperasi segera terwujud sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan seluruh kelompok dan anggotanya.