Implementasi Protokol Kesehatan New Normal Pada Koperasi

Protokol Kesehatan New Normal telah diterbitkan berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada Situasi Pandemi. Hal tersebut menjadi dasar PPKL Kota Magelang untuk mengedukasi koperasi binaan untuk menerapkan protokol kesehatan dengan baik dalam kegiatan operasional koperasi.

Pada tanggal 30 Juni 2020, PPKL Kota Magelang melakukan pendataan laporan triwulan koperasi untuk mengetahui apakah koperasi terkena dampak covid-19 dalam segi keuangan, sekaligus mensosialisasikan penerapan protokol kesehatan pada koperasi binaan.

Pendataan dilakukan di KSP Mustika, KPRI Keluarga Sejahtera dan PRIMKOP Kartika Tidar H-18 Wira Sakti. Data yang diperoleh kemudian diinput pada website Sistem Informasi Koperasi di Jawa Tengah (Sikijang) di alamat https://sikijang.jatengprov.go.id . Data yang telah diinput dapat digunakan sebagai dasar pembuatan kebijakan oleh Dinas Koperasi Dan UKM Provinsi Jawa tengah guna menanggulangi dampak Covid-19 terhadap koperasi.
Selain pendataan, kunjungan juga dimanfaatkan dalam menangani kendala perpanjangan sertifikat NIK PRIMKOP Kartika Tidar H-18 Wira Sakti binaan provinsi yang mana sebelum adanya PAD status keberadaannya masih menjadi binaan kab/kota.

Kegiatan pendampingan ke Koperasi telah diikuti aturan protocol kesehatan, hal tersebut terlihat dari koperasi telah menyediakan tempat cuci tangan dan mewajibkan penggunaan masker bagi anggota, pengelola, pengurus, pengawas, tamu dan pengunjung toko koperasi.