PENTINGNYA PENDIDIKAN PERKOPERASIAN

Pendidikan Perkoperasian merupakan bagian tidak terpisahkan dalam mewujudkan kehidupan berkoperasi agar sesuai dengan jatidiri koperasi.

Kenapa begitu?
Pendidikan perkoperasian adalah salah satu jalan terbaik untuk meningkatkan kesadaran berkoperasi dan meneguhkan keyakinan para anggota tentang besarnya manfaat yang diberikan oleh koperasi untuk meningkatkan taraf hidup anggota. Melalui pendidikan lah, anggota juga dipersiapkan dan dibentuk menjadi anggota yang memahami serta menghayati nilai-nilai, prinsip-prinsip dan praktik-praktik koperasi.

Nah salah satu bentuk pendidikan Perkoperasian yaitu melalui Diklat dan Uji Kompetensi
seperti di wilayah Kabupaten Magelang ini.

Magelang (19/11/2021) Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Magelang telah merespon kebutuhan koperasi di wilayah Kabupaten Magelang dengan memfasilitasi berupa kegiatan "Pendidikan dan Latihan Perkoperasian Bagi Koperasi Yang Wilayah Keanggotaan dalam Wilayah Kabupaten/Kota Angkatan III Bagi Kabag Pembiayaan/Kabag Kredit bagi KSP/KSPPS".

Kegiatan Uji dan Kompetensi Kabag Pembiayaan/Kabag Kredit bagi KSP/KSPPS ini dilaksanakan selama empat hari, 16 - 19 November 2021, bertempat di Hotel Griya Persada Kaliurang Yogyakarta dengan diikuti sebanyak 25 perwakilan koperasi.

Pelatihan Perkoperasian ini berorientasi pada kinerja, dengan maksud untuk memperbaiki keahlian pekerja sehingga dapat lebih mampu dalam menjalankan tupoksi pekerjaannya sehingga SDM pengelola koperasi memiliki kualitas yang baik, memiliki kemampuan manajemen yang baik serta berwawasan luas.

Harapannya, Uji dan Kompetensi bagi Kabag Pembiayaan/Kabag Kredit ini mampu meningkatkan kualitas bagian pinjaman/pembiayaan melalui transformasi pengetahuan dan keterampilan ini perlu didukung sikap kerja yang profesional serta pengelola pembiayaan koperasi yang sehat dan bersertifikat kompeten di bidangnya, sehingga koperasi berjalan dengan baik dan sehat.

Penulis : Septi Cahyanti
PPKL Kab.Magelang