Pendampingan Pra-RAT Koperasi Pegawai “Setia”

Surakarta, 30 April 2024 – Bidang Koperasi mendapatkan undangan untuk memberikan sambutan sekaligus mendampingi koperasi pegawai sekolah Kristen di Kota Surakarta atau yang disebut Koperasi Pegawai “Setia”. Hal ini dilakukan koperasi untuk memperkuat dan memvalidasi kebenaran dari laporan RAT yang akan dilaksanakan nantinya.

Undangan ini dihadiri oleh Tenaga Pendamping Koperasi dan staf bidang koperasi untuk memberikan sambutan dan pendampingannya dalam aspek kelembagaan dan keuangan. Dalam forum tersebut dihadiri juga oleh perwakilan PKPRI untuk diminta masukan dari koperasi sekundernya. Sebelumnya koperasi sudah memberikan salinan draft RAT untuk dapat dipelajari terlebih dahulu. Permasalahan yang dibahas adalah terkait pembukuan yang keliru pada karyawan sebelumnya.

Masukan dari Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian Kota Surakarta dan juga PKPRI tidak jauh berbeda yaitu terkait neraca yang harus dilengkapi oleh tanda tangan mengetahui dan juga stempel koperasi, laporan pengurus dan pengawas yang dipisah, mengecek kembali angka-angka yang tersaji di laporan keuangan, dan juga yang terakhir untuk segera menyelesaikan permasalahan pada karyawan yang lama.

Forum tersebut berjalan dengan kondusif karena anggota memberikan saran yang cukup netral dan tidak menyudutkan pihak koperasi salah satunya adalah meminta pengurus yang baru untuk mendatangi karyawan tersebut dan diselesaikan secara kekeluargaan, membuat SOM SOP terkait pinjaman untuk menjaga kredibilitas koperasi kedepannya mengingat koperasi ini belum memiliki SOM, SOP dan juga Persus yang mengatur pinjaman tersebut. Dan juga untuk merevisi dan mencari bukti yang konkrit terkait transaksi-transaksi sebelumnya.

Tanya jawab tersebut divalidasi oleh ketua koperasi dan akan segera melakukan masukan-masukan dari anggota, PKPRI maupun Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian Kota Surakarta. Beliau meminta waktu lebih kurang 2 minggu untuk menyelesaikan semuanya agar pelaksanaan RAT dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Diharapkan kedepannya dengan adanya forum ini menjadikan koperasi dan para pengurusnya dapat melanjutkan berkoperasi dengan baik, sehat, akuntabel, kredibiltas untuk menambah kepercayaan