Pelatihan Pengawasan bagi Gerakan Koperasi

Sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam mewujudkan koperasi yang sehat, tangguh dan selaras dengan amanah regulasi perkoperasian, Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Semarang menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Pengawasan Koperasi bagi Gerakan Koperasi Kabupaten Semarang. Mengundang 40 peserta dari unsur pengurus dan pengawas koperasi tingkat Kabupaten Semarang, kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu, 24 April 2024 bertempat di Gedung PLUT Kab. Semarang

Hadir sebagai narasumber, mewakili Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah, Bapak Tri Handaya, SH, M.Si, yang menyampaikan materi terkait pelaksanaan pengawasan koperasi dan Bapak Eko Pristiawan, SE, yang menyampaikan materi terkait Uji Kelayakan dan Kepatutan bagi Pengurus dan Pengawas koperasi. Adapun Narasumber lain yang juga hadir adalah perwakilan dari Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kota Salatiga.


Perkembangan regulasi perkoperasian dan dinamika permasalahan dalam pengelolaan lembaga keuangan menuntut pengurus, pengawas dan pengelola untuk senantiasa beradaptasi dalam tanggungjawabnya menjaga keberlangsungan usaha koperasi. Terlebih dalam pelaksanaan Pengawasan Koperasi, dengan berlangsungnya kegiatan pelatihan ini diharapkan kapasitas pengurus dan pengawas semakin mumpuni dalam memastikan setiap kebijakan yang diambil tetap berada dalam koridor peraturan perundangan koperasi yang berlaku.